Firasat Tajam Orang-Orang Shaleh

KisahMuslim.com - Diceritakan bahwa Imam Syafi’i
dan Muhammad bin al-Hasan
pernah melihat seorang laki-laki.
Imam Syafi’i berkata,
“Sesungguhnya lelaki itu adalah
seorang tukang kayu.” Sedangkan Muhammad bin al-Hasan berkata,
“Sesungguhnya lelaki itu adalah
seorang pandai besi.” Lantas
keduanya bertanya kepada lelaki
tersebut tentang profesinya. Lalu
di menjawab, “Dulu saya seorang pandai besi dan saya sekarang
tukang kayu.” - Seorang laki-laki dari ahli
Alquran bertanya kepada seorang ulama, lalu sang ulama berkata kepadanya, “Duduklah, sungguh
saya mencium dari perkataanmu
bau kekufuran.” Setelah itu, lelaki
tersebut dimimpikan memeluk
agama Nasrani –wal’iyadzu
billah. Lantas ditanyakan kepadanya, “Apakah engkau hafal
sebagian dari Alquran?” Dia
menjawab, “Saya tidak hafal
Alquran kecuali hanya satu ayat,
yaitu firman Allah Subhanahu wa
Ta’ala: “Orang kafir itu kadang-kadang
(nanti di akhirat) menginginkan,
sekiranya mereka dahulu (di
dunia) menjadi orang
muslim.” (QS. Al-Hijr: 2) - Abu Sa’id al-Kharraz berkata,
“Saya pernah melihat seorang
lelaki fakir di Masjidil Haram.
Dia tidak memiliki apa-apa selain
pakaian untuk menutupi auratnya,
lalu saya menghindar dan menyingkir darinya. Lantas dia
berfirasat tentang aku dan
berkata: “Ketahuilah bahwa Allah
mengetahui apa yang ada dalam
hatimu, maka takutlah kepada-
Nya.” (QS. Al-Baqarah: 235) Saya pun menyesal atas
tindakanku tersebut dan saya
beristighfar. Lalu dia berkata, “Dan Dialah yang menerima taubat
dari hamba-hamba-Nya dan
memaafkan kesalahan-kesalahan
dan mengetahui apa yang kamu
kerjakan.” (QS. Asy-Syura: 25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar