TEKNOLOGI TERKECIL DI DUNIA

  1. KAMERA TERKECIL 



                                 
 
Inilah kamera digital terkecil di dunia. Dengan ukuran hanya 2,5 sentimeter saja, benda ini mungkin terlihat seperti sebuah replika dari kamera.Dari tampilan, kamera digital yang berada dibawahlisensi perusahaan asal Amerika bernamaHammacher Schlemmerini ini memang tampak tidak memungkinkan untuk dapat diandalkan mengabadikan momen-momen spesial sobat.
Selain memiliki keunikan atau kelebihan karena ukurannya yang super mungil, kamera digital ini memiliki kelebihan lain yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena ukurannya. Karena kamera digital ini dilengkapi dengan kamera dua megapiksel, dapat merekam video, dapat mengambil gambar JPEG dengan resolusi 1.600 x 1.200 dan dilengkapi dengan autofocus. Tentu sebuah kemampuan luar biasa untuk kamera yang hanya seberat 28 gram. Selain itu, sobat juga dapat menghubungkan kamera terkecil di dunia ini ke komputer melalui kabel USB, sama seperti peralatan fotografi lainnya.

Meskipun ukurannya hanya sebesar kelereng dan bahkan tidak lebih besar dari ujung jari, kamera yang dibuat di New York dan dibanderol seharga USD99,95 atau sekira Rp897 ribu ini mampu bekerja dengan baik. Sebuah kemampuan yang tidak bisa dipandang enteng oleh pesaingnya yang notebene berukuran lebih besar. Sangat cocok buat sobat yang hobi fotografi.



2. MOBIL LISTRIK TERKECIL

Para ahli berhasil membuat mobil ramah lingkungan dengan ukuran paling kecil di dunia. Mobil yang segera dipasarkan ini bahkan mampu masuk ke dalam lift.

‘Volpe’ memiliki lebar satu meter dengan tinggi 1,5 meter dan berat 350kg. Menggunakan mobil ini, berarti Anda tak perlu lagi pusing mencari tempat parkir karena Anda bisa membawanya ke dalam kantor sembari mengisi ulang baterainya, seperti dikutip DM.

Namun mobil ini tak disarankan untuk perjalanan jauh, mengingat kecepatan maksimum mobil ini hanya 48km/jam.Selain itu, tak ada cukup ruang untuk tempat barang-barang.

Mobil ini merupakan buah pikiran Romano Artioli yang merupakan mantan pemilik merek Bugatti dan Lotus.

“Volpe merupakan idaman para penggemar yang ingin tampil gaya dan mandiri. Romano Artioli telah meneliti jenis baru solusi mesin bersih,” kata VP Volpe Isabella Artioli. Mobil ini akan diluncurkan di Eropa pada awal 2013 dan dipasarkan seharga GBP5.600 (Rp83,2 juta).

3. PETA 3D TERKECIL

Para Ilmuwan nano di IBM di Zurich - Jerman melakukan sebuah terobosan sensasional dengan menciptakan peta Dunia 3D terkecil di dunia. Peta 3D Terkecil di Dunia Menggunakan Teknologi Nano hanya bisa dilihat di menggunakan mikroskop elektron.Ukuran peta dunia yang dihasilkan ialah 22 x 11 mikrometer (1 mikrometer sama satu persejuta meter ). Seribu peta
dunia yang dihasilkan hampir sama
dengan ukuran sebutir garam.
Peta ini digambar dengan alat
khusus bernama IBM nanopatterning tool, dengan "kanvas" berupa sebuah polymer dan terdiri dari 500 ribu pixel (titik) yang masing-masing berukuran 20 nM2 (nanometer persegi) alias 100
ribu kali lebih tajam dari ujung pensil
tertajam, dan lebih kerennya, peta
terkecil di dunia ini tercipta hanya dalam waktu 2 menit 23 detik.

Dr. Armin Knoll, seorang ilmuwan ahli fisika dari IBM Research di Zurich mengatakan bahwa kemajuan teknologi nano yang berkembang pesat kini memungkinkan cara-cara baru yang untuk menghasilkan desain dan obyek di permukaan yang berukuran nanometer.kemampuan teknologi pembuatan desain 3D berskala nano punya berbagai fungsi yang di kembangkan dari waktu ke waktu, cara ini sangat penting untuk menghasilkan struktur yang
sangat kecil. Teknik yang digunakan ialah dengan menggunakan peralatan khas yang bisa mengontrol ujung pita silikon berukuran 100,000 lebih kecil dari karbon ujung pensil yang tajam.
Teknik yang digunakan ini mirip cara bangsa Mesir kuno membuat tulisan hieroglif.
Cara menghasilkan struktur-struktur nano telah membuka peluang
baru dalam riset dan penciptaan dalam bidang-bidang penting untuk kegunaan masa depan. Diantaranya ialah bidang
nanoelektronik, teknologi chip komputer, kesehatan, biologi dan
optoelektronik. Nano teknologi adalah
bidang baru dalam dunia teknologi
yang boleh membantu kehidupan manusia pada masa depan. Untuk tahap awal, mereka hanya menguji peralatan dan kaedah penghasilan objek tersebut dengan membuat sesuatu yang bisa menarik perhatian masyarakat iaitu peta dunia 3D terkecil di dunia. Ciptaan terbaru ini akan dimasukkan ke dalam Guiness World Record 2012.

4. MESIN CUCI TERKECIL

Haier memperkenalkan mesin cuci terkecil di dunia yang hanya mampu mencuci 2 kaos orang dewasa sekali cuci. Mesin cuci ini dijual dengan harga $100 di China sebagai uji coba pasarnya. Kemampuannya sama dengan mesin cuci pada umumnya. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.
5. Portable live-streaming video solution

Rajanya teknologi hands-free, Contour dan Cerevo bekerjasama untuk menciptakan gadget ini. Dengan diberi nama Cerevo LiveShel, Gadget super ringan ini dilengkapi port HDMI yang bisa anda koneksikan dengan Contour+ camera untuk membawa real-time video telecasting ke Ustream. Alat ini mulai dijual Februari kemaren dengan harga $299.
6. Ruter wireles

TP-Link HQ mendemokan ruter terkecil di dunia buatan mereka yang hanya berukuran 2.5 x 2.5 x 0.7 inch. Saking kecilnya, anda bisa memasukkan ruter ini di dalam saku anda tanpa kesusahan. Meskipun demikian kemampuannya sama dengan ruter yang berukuran normal. Ruter terkecil di dunia ini mampu menyediakan WiFi dengan kecepatan hingga 150Mbps untuk semua peralatan dan juga kompatibel dengan IEEE 802.11b/g/n yang kebanyakan merupakAn peralatan dengan Wi-Fi 2.4GHz.
 7.  Video Monitoring Camera

Dropcam memperkenalkan sebuah kamera video monitoring terkecil di dunia yang diberi nama Dropcam HD Wi-Fi di ajang CES 2012. Video yang diambil dengan alat ini dapat segera di share kapanpun, dimanapun di internet berkat adanya WiFi. Alat ini sudah tersedia untuk pre-order dengan harga $149.
8.  MP3 PLAYER ANTI AIR

UwaterG4 MP3 merupakan sebuah MP3 player yang cerdas dan banyak fitur yang ditawarkan oleh Fitness Technologies. MP3 player terkecil di dunia ini merupakan penyempurnaan dari Uwater2 dengan kapasitas memori 2x lipat lebih besar untuk menyimpan 1000 lagu dan 10 audio boo. Tersedia dalam 5 pilihan warna, kuning, biru, merah, hitam dan putih es. 

1 komentar: